Forum Lintas Profesi

Minggu, 29 Mei 2011

Kriteria Penulisan



A. Judul Penulisan
     Judul penulisan hendaklah singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas memberi gambaran mengenai tulisan karya ilmiah.

B.  Pendahuluan
Karya ilmiah dilakukan untuk menjawab keingintahuan penulis untuk mengungkapkan suatu gejala/konsep/dugaan atau menerapkannya untuk suatu tujuan. Kemukakan hal-hal yang mendorong atau argumentasi pentingnya dilakukan penulisan. Uraikan proses dalam mengidentifikasikan masalah.

 D. Masalah
Rumuskan dengan jelas masalah yang hendak diteliti. Dalam rumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penulisan. Sebaiknya dalam bentuk pertanyaan.

E. Tujuan Penulisan
Berikan pernyataan singkat mengenai tujuan penulisan. Penulisan dapat bertujuan untuk menjajagi, menguraikan, menerangkan, membuktikan atau menerapkan suatu gejala, konsep atau dugaan.


F. Pembahasan
Usahakanlah pustaka/rujukan/referensi yang  terbaru, dan relevan. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari penulisan yang akan dilakukan. Pembahasan menguraikan teori, temuan, dan bahan lain yang diperoleh dari acuan, yang dijadikan landasan untuk melakukan tulisan  yang dibuat. Uraian dalam tinjauan pustaka dibawa untuk menyusun kerangka atau konsep yang akan digunakan. Pembahasan/Tinjauan Pustaka mengacu pada Daftar Pustaka.

G. Daftar Pustaka
    Gunakan sistem penulisan nama dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul       
    buku/ tulisan, kota penerbit: nama penerbit.

H. Riwayat Hidup Penulis
     Cantumkan pengalaman penulis.

I. Sistematika Penulisan

  1. PENDAHULUAN
      1.1 Latar Belakang
1.2 Masalah
1.3 Tujuan dan Manfaat Penulisan
  
II. PEMBAHASAN  
III.  PENUTUP
3.1 Simpulan
3.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar